/*releated post
/*end related

Jumat, 03 Agustus 2012

14 Pengungsi Rohingya Tiba Di Kupang


islampos.com—KANTOR Imigrasi Kupang, Nusa Tenggara Timur, menerima 14 imigran Rohingya, Myanmar. Para imigran itu terdiri dari 10 laki-laki dewasa, dua orang wanita, dan dua balita perempuan yang berumur tiga bulan dan 1,4 tahun.
“Mereka ditangkap dinihari tadi di Hotel Rahma,” kata Kepala Imigrasi Kupang, Silvester Sililaba, kepada Tempo, pada hari Jumat (3/8/2012).
Menurut Silvester, belasan imigran itu berangkat dari Medan, Sumatera Utara, mengunakan pesawat Lion Air menuju Kupang untuk selanjutnya akan melanjutkan perjalanan ke Australia. Mereka hendak mencari suaka di Negeri Kanguru tersebut. “Tujuan akhir mereka adalah Australia untuk mencari penghidupan yang lebih baik,” katanya.
Mereka diamankan karena tidak memiliki dokumen administrasi, seperti paspor dan visa. Namun para pengungsi memiliki kartu UNHCR. Untuk sementara, pihak imigrasi Kupang menampung para pengungsi itu di kantor imigrasi karena rumah detensi imigrasi sudah kelebihan kapasitas. “Sementara mereka ditampung di sini,” katanya.
Salah satu imigran Rohingya, Muhamad Toyib (27), mengatakan mereka berangkat dari Medan menuju Kupang karena dijanjikan agen akan diberangkatkan ke Australia. “Kami di hotel menunggu kapal yang akan mengantar ke Australia,” katanya.
Menurut dia, mereka sudah membayar agen tersebut sebesar Rp 10 juta per orang. Malangnya agen itu kabur sehingga saat ini mereka tidak lagi memiliki uang. “Kami tetap akan melakukan perjalanan ke Australia, walaupun tanpa uang,” katanya.
Mereka menolak kembali ke negaranya karena sedang terjadi gejolak politik di sana. Apalagi, kata dia, tidak ada penghidupan yang layak di Myanmar. “Kalau kami bertahan, kami akan mati juga seperti saudara-saudara kami di sana,” katanya. [hf/islampos/tempo]



Sumber: islampos.com

0 komentar:

Posting Komentar